Senin, 28 Februari 2011

Tunas Mulia...

kejadian ini kualami ketika aku mengantar anakku yang masih kelas empat sd belanja mencari sepatu untuk keperluan sekolahnya. Selesai berputar-putar mencari sepatu yang cocok dan membayarnya dikasir aku segera pulang...ketika aku melewati tangga keluar dari maal pusat belanja tak sengaja aku melihat seorang anak- lelaki yang seusia dg putriku sedang membawa sebuah nampan dan tengah menawarkan kue getuk pisang...aku tertarik mendekatinya lalu bertanya tentang berapa harga kue yang tengah dijajahkannya..
" perbijinya 3000 rupiah pak.."' jawab anak itu menerangkan harganya..
aku merogoh uang 7000 dan kuberikan pada anak itu..dan berbisik lirih..itu buat kamu...anak itu terdiam lalu dengan wajah gembira mengucapkan terima-kasihkemudian berlalu untuk kembali menawarkan kue yg dibawanya.
Kupanggil lagi anak itu dia. lalu kutanya siapa yang membikin kue itu..
" Ibu saya pak yang membikin kue ini, untuk biaya kebutuhan sekolah saya serta makan saya dan ibu, mengapa pak ?"tanya anak itu setelah menjawab pertanyaanku..
"Ah tak apa-apa," jawabku. Lalu kurogoh lagi saku bajuku .kuambil semua uang di saku itu dan tanpa kuhitung kugenggam kuangsurkan kepada anak itu.
"Semua uang ini buat kamu!' kataku. Tanpa memperdulikan matanya yang melotot serta mulutnya yang tergangah. Aku pergi sambil menarik tangan putriku mengajaknya pulang.

Sampai di rumah kuajak duduk anakku dan istriku ..kuceritakan semua yang kulihat tentang anak itu..
" Betapa anak itu adalah tunas yang hebat , dia tak malu berjualan seperti itu ..dan betapa hebat pula ibu yang mendidiknya
Sang ibu dan anak itu begitu yakinnya akan pembagian rezeki Alloh yang pasti akan turun walau hanya dengan berjualan seperti itu...
Bukankah mereka adalah hamba Alloh yang gagah dalam menghadapi kehidupan mereka... anak itu dan ibu yang mendidiknya tentulah orang yang memiliki ketahananan mental yang hebat,.. mereka tak mau mengemis..juga tak memilih untuk mencuri,,ataupun menjual diri..dalam berharap rezeki Alloh.
Padahal begitu banyak dari kita yang tampak gagah dalam penampilan tapi lemah dalam mental ketika dihadapkan pada pemenuhan kebutuhan hidupnya..banyak dari kita memilih menjual harga dirinya dengan Korupsi..menipu bahkan mencuri ..
entah dengan cara terang-terangan ataupun halus tersembunyi..

By Ayah ifor & Bia..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar