Kamis, 17 Februari 2011

Hikmah Puasa

Sahabat,..kamu pasti masih ingat diwaktu kecil waktu kita belajar puasa dibulan romadhon..kita begitu sibuk mengumpulkan makanan apa saja untuk berbuka nanti.
Padahal kita pun tahu waktu berbuka tiba..hanya sedikit makanan yang tadi siang kita persiapkan yang mampu kita masukkan ke dalam perut kita . selebihnya .kadang malah tersia-siakan.
Itulah pelajaran hikmah yang sederhana dari berbagai fungsi puasa lainnya....
Alloh mengajari kita dengan begitu lembutnya..Hendaklah kamu makan sesuai kebutuhan jangan sesuai keinginan.Karena Jika kita berbicara tentang keinginan..maka bentuknya akan tak terhingga..setiap satu keinginan kita terpenuhi, maka akan berujung pada munculnya keinginan baru.
Misal kita ingin Hand phone setelah terpenuhi..akan muncul keinginan memiliki yang lebih baru lagi dengan fitur baru..dst..
demikian pula dengan mobil..setelah dapat kita ingin mobil kita dilengkapi dengan ini dan itu..lalu ganti lagi karena kapasitas kursinya yang kurang banyak...lalu yang modelnya kurang bagus..kurang gagah dan sebagainya..
Begitulah akhirnya selama hidup , hari hari kita disibukkan untuk memburu pemenuhan keinginan2 kita yang selalu berujung pada munculnya keinginan baru lagi yang menuntut pemenuhan pula..hingga di saat ajal baru kita mengerti..ternyata kita salah.telah diperbudak keinginan yang muncul dari gejolak nafsu kita
Alloh mengingatkan kita begitu lembutnya melalui puasa..
....samar terngiang doa Musa A.S " Tuhanku.sesungguhnya aku bermohon kepadaMu..turunkanlah kebaikan yang kubutuhkan..."

Lalu semakin nyatalah betapa Alloh mengajarkan pada kita melalui bacaan diantara dua sujud dalam sholat..kita..." Robbighfirlii, warhamnii,..wajburnii...dst
Yaa Tuhanku..ampuni aku..belaskasihi aku..dan anugerahi aku rasa cukup..dst..
Karena memang hanya dengan bisa merasa cukup terhadap apa yang kita punyai dan kita dapatkan itulah kita akan bisa merasakan tentram..


by Ayah Ifor & Bia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar