Senin, 26 Desember 2011

Siapa yang lebih bodoh..?

Suatu hari teman saya yang bernama Arga bertamu kerumah,..wajahnya keliatan uring-uringan..setelah mengucap salam dan duduk,..teman saya ini langsung saja  cerita dengan menggebu-gebu tentang kekesalannya pada temannya yang dia anggap bodoh tapi sok tahu..

Usut-punya usut ternyata penyebab teman saya ini uring-uringan sangat sepele.
Teman saya ini barusan mendatangi temannya yang sedang mendirikan usaha rumah. makan..Dia menasehati temannya tentang trik-trik marketing agar usaha itu cepat berkembang.Mulai dari dekoratif ruangan sampai teknik menarik pelanggan dengan model promo dan voucer.dst.
tetapi sayangnya temannya si arga ini memang unik dia merasa bahwa dia lebih tahu tentang hal itu sehingga wal hasil semua teori serta usulan si arga ini dia tolak mentah-mentah meskipun itu sangat rasional sekali serta sesuai dengan kaidah dalam perdagangan..
Karena inilah si Arga uring-uringan lalu pergi kerumah saya dengan harapan bisa sedikit dingin hatinya.
Setelah mendengar lengkap tentang semua kisahnya dengan kalem saya berkomentar bahwa memang benar bahwa yang bersalah adalah si Arga.
Mendengar jawaban saya tentu saja si Arga tambah uring-uringan...
Tanpa memperdulikan wajahnya yang tambah kusut.saya langsung bercerita

Dahulu kala ada dua orang dewasa yang bertengkar hanya karena masalah hasil perhitungan matematika sederhana tentang 4 x 7
Si A menjawab bahwa 4x7 = 28 sementara si B menjawab bahwa 4x7= 27
Si A menyalahkan jawaban si B demikian pula sebaliknya..sampai hampir terjadilah perkelahian sehingga mereka berdua dibawa ke seorang hakim..
Setelah mendengar sebab pertengkaran dengan cepat si hakim memutuskan bahwa si A yang bersalah dan harus mendapat hukuman..
Tentu saja si A marah-marah..dan mengumpat si hakim...sihakim cuma tersenyum saja mendengar umpatan si A atas dirinya.
Sehari setelah siA diruang penjara besok paginya si hakim memanggil si A.
" Kemarin saya dengar anda mengumpat saya dengan kalimat bahwa saya hakim yang bodoh,.apa benar demikian? " tanya pak hakim..
 " Benar  pak , anda memang bodoh..." jawab si A tetap dengan nada jengkel..
  "Sekarang coba anda pikir adakah yang lebih bodoh daripada orang yang bertengkar dengan seorang yang tolol yang menjawab perkalian 4x7 = 27..?"
 "Semua orang tahu bahwa 4x7 = 28..tetapi anda begitu tololnyanya mau bertengkar dengan orang yang bodoh hanya karena dia menjawab 4x7=27."' jawab si hakim dengan tenang..

"Anda benar pak,..saya memang bersalah" jawab si A lirih.
 Si Arga tampak termanggu-manggu kemudian dia tertawa.

Sahabat begitu banyak dari kita yang kadang sibuk bertengkar hanya karena sesuatu yang sebenarnya sangat sederhana dan bahkan tidak penting bukan ?.


By Ayah Bia & Ifor .







1 komentar: